Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Berpuasa Dengan Lima Makanan Ini

0

.
Salah satu bagian tubuh manusia yang terus mengalami regenerasi dan pertumbuhan adalah rambut. Rambut memiliki fase pertumbuhan yang berbeda-beda, dan akan mengalami kerontokan saat mengalami fase istirahat. Namun jika kerontokan rambut itu mencapai 50-100 helai perhari, maka kondisi rambut Anda berada dalam kerontokan parah, apalagi kerontokan itu terjadi saat Anda sedang berpuasa, tentu hal ini sangat menjengkelkan.

Salah satu penyebab rambut rontok berlebihan saat puasa juga diakibatkan karena kurangnya asupan gisi, vitamin, dan nutrisi pada rambut. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok saat puasa, agar kesehatan rambut Anda tetap terjaga selama berpuasa. Salah satu cara mengatasi rambut rontok saat puasa adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut Anda, yatu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, vitamin, zat besi, protein dan zinc saat sahur maupun berbuka puasa.

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang wajib Anda santap saat sahur dan berbuka puasa untuk mencegah rambut rontok saat puasa, diantaranya adalah ;

  1. Bayam
    Bayam merupakan sayuran yang kaya akan zat besi. Zat besi yang terkandung dalam bayam, dapat menambah kekuatan rambut agar tidak mudah rontok dan patah. Bayam juga dipenuhi dengan kandungan vitamin lain seperti beta karoten, asam folat, dan vitamin C yang menjaga minyak di kulit kepala bersirkulasi secara normal.
  1. Ikan Salmon
    Ikan salmon mengandung mineral dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan rambut secara alami. Ikan salom juga kaya akan vitamin B termasuk B 12 dan mineral lain yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai permasalah rambut yang lain seperti rambut kering, rambut bercabang, dan rambut lepek. Untuk mencegah rambut rontok, konsumsilah salmon paling tidak dua minggu sekali selama bulan ramadhan.
  1. Telur
    Rambut yang rontok juga disebabkan karena kekurangan protein, untuk itu atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya akan protein, salah satunya telur. Selain kaya akan protein, ternyata telur juga mengandung biotin, vitamin D, dan vitamin B yang dapat mengendalikan kerontokan rambut. Konsumsilah telur atau makanan yang mengandung telur setidaknya dua hari sekali saat buka puasa dan sahur.
  1. Strowberry
    Buah manis berwarna merah cerah ini ternyata juga bisa dijadikan obat rambut rontok. Stroberi diperkaya dengan kandungan silicondioxide (silica) yang bermanfaat untuk  menjaga pertumbuhan tulang dan rambut. Silica sangat ampuh utnuk menghentikan kerontokan, mencegah kebotakan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Konsumsilah strowberry sebagai buah pencuci mulut saat Anda selesai makan sahur dan berbuka puasa selama ramadhan.
  1. Kacang Kenari
    Kandungan omega 3 dan vitamin E yang terdapat dalam kacang kenari ternyata sangat ampuh untuk melindungi rambut dari kerusakan dan mencegah rambut rontok.  Kacang kenari juga berkhasiat untuk menjaga warna alami pada rambut agar tetap berkilau.

Salah Satu Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Saat Puasa Juga Diakibatkan Karena Kurangnya Asupan Gisi, Vitamin, Dan Nutrisi Pada Rambut

Itulah artikel tentang tips mengatasi rambut rontok di bulan ramadhan dengan 5 makanan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya.

 

 

About Author

Dokter Rambut adalah pusat informasi tentang kesehatan rambut. Mulai tips perawatan rambut dan penumbuh rambut sampai pada cara mengatasi masalah rambut

Leave A Reply

More in Dokter Rambut, Rambut Rontok
cara menebalkan rambut secara alami, pertumbuhan rambut bayi, cara merawat rambut bayi, cara menumbuhkan rambut bayi, tips merawat rambut bayi, tips menumbuhkan rambut bayi, cara menumbuhkan rambut bayi secara alami, tips menumbuhkan rambut bayi, tips menebalkan rambut bayi secara alami, memotong rambut bayi, manfaat minyak kemiri untuk bayi, manfaat madu untuk rambut bayi, vitamin rambut bayi, menebalkan rambut bayi dengan cepat, tips sehat merawat rambut bayi
Empat Cara Menebalkan Rambut Bayi Secara Alami

. Bagi setiap orang tua, memiliki bayi merupakan anugerah yang tiada terkira. Bayi yang lahir dan tumbuh dengan sehat, pasti...

Close