Taukah Anda Bahaya Mengecat Rambut?

1

Salah satu pesona dari tubuh wanita yang penting dijaga kecantikan dan kebersihannya adalah rambut. Rambut memiliki daya tarik paling tinggi dan paling mudah untuk dimanupulasi. Beberapa wanita memilih mengecat rambut yang dimilikinya untuk meningkatkan penampilan dan memperindah mahkota di kepalanya.

Mewarnai rambut sudah menjadi hal yang popular di kalangan wanita. Tampil dengan warna rambut yang ngejreng akan membuat penampilan diri semakin sempurna. Tetapi dibalik itu semua, muncul dampak negatif penggunaan cat rambut yang harus diketahui oleh setiap wanita. Bahaya menggunakan semir rambut ini akan menjadi peringatan bagi mereka yang gemar merubah rambutnya dengan berbagai warna.

Berikut ini adalah resiko mewarnai rambut menggunakan cat rambut atau semir, diantaranya adalah

  1. Menyebabkan Iritasi kulit
    Cat rambut diolah dari berbagai bahan kimia yang menghasilkan warna indah pada rambut. Jika penggunaan cat rambut tidak cocok, maka dampaknya adalah  iritasi pada kulit. Iritasi ini tak hanya menyerang  kulit kepala, tapi juga bisa menyebar ke kulit tubuh lainnya.

    .
  2. Menimbulkan Reaksi alergi
    Wanita yang tidak cocok memakai semir rambut juga akan menyebabkan reaksi alergi pada dirinya. Alergi ini akan terlihat dengan melepuhnya kulit kepala yang disertai rasa panas, gatal  dan juga menyebabkan kerontokkan rambut.
    .
  3. Membahayakan Kehamilan
    Wanita hamil dilarang menggunakan cat rambut dalam bentuk apapun. Sebab, kandungan zat kimia dalam pewarna rambut ini akan memberikan dampak buruk bagi si kecil, salah satunya adalah risiko terkena penyakit eukemia saat dewasa nanti.
    .
  4. Memicu Penyakit Kanker
    Penggunaan  pewarna rambut dalam jangka panjang, akan merangsang pertumbuhan sel kanker yang mematikan. Hal ini karena perkembangan zat kimia yang terkandung dalam cat atau semir, bisa memunculkan zat karsenogen yang memicu penyakit kanker.

Itulah bahaya menggunakan pewarna rambut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak lagi mewarnai rambut dengan semir yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Kalaupun Anda ingin mewarnai rambut karena kebutuhan atau tuntutan, gunakanlah pewarna rambut alami yang tidak menyebabkan alergi atau efek samping setelah penggunaannya.

Masih Berani Mengecat Rambut?

Baca juga : Merebonding Rambut Beresiko Kanker

About Author

Dokter Rambut adalah pusat informasi tentang kesehatan rambut. Mulai tips perawatan rambut dan penumbuh rambut sampai pada cara mengatasi masalah rambut

More in masalah rambut
Merawat rambut secara alami, mencegah kerusakan rambut, folikel rambut, memotong rambut, memotong rambut secara rutin, rambut tidak pernah dipotong,
Kenapa Anda Harus Potong Rambut?

Mungkin Anda pernah membayangkan, bagaimana jika rambut tidak pernah dipotong sama sekali? Kita akan berasumsi bahwa rambut akan terus tumbuh...

Close