Bagaimana Cara Merawat Rambut Yang Berhijab Agar Tidak Mudah Rontok?

 

Salah satu masalah rambut yang tidak boleh diabaikan adalah masalah rambut rontok bagi wanita berhijab. Kerontokan yang dialami oleh wanita berhijab disebakan oleh keringat pada kulit kepala karena sering tertutupi oleh jilbab  dan membuat kondisi rambut menjadi lembab sehingga mudah rontok.

Wanita berhijab membutuhkan perawatan rambut yang alami agar rambut tetap terlindungi dan tetap sehat. Oleh karena itu, cara merawat rambut yang berhijab harus diketahui dan dilakukan dengan benar, agar penanganan tersebut bisa memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Adapun cara perawatan rambut yang berhijab yang tepat, adalah sebagai berikut ini :

  1. Memilih Bahan Jilbab yang Ramah Terhadap Rambut
    Anda harus memilih bahan jilbab yang dapat menyerap keringat dengan baik agar kondisi rambut Anda tidak lembab. Kepala yang mudah berkeringat, akan menimbulkan ketombe dan memicu kerontokan pada rambut.
    .
  2. Jangan memakai jilbab saat rambut basah
    Memakai jilbab saat rambut masih basah akan meningkatkan kelembaban rambut Anda sehingga rambut mudah rontok dan bau lepek. Sebaiknya keringkan rambut Anda terlebih dahulu menggunakan kipas angin, sehingga rambut Anda dalam keadaan kering ketika berjilbab.
    .
  3. Keramaslah Dengan Teratur
    Lakukan keramas setiap dua kali sehari. Jangan terlalu sering serta jangan terlalu lama untuk keramas. Karena keramas merupakan salah satu cara untuk membersihkan minyak hingga kotoran yang menempel pada rambut, dan gunakan shampoo yang cocok dengan jenis rambut Anda.
    .
  4. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang
    Hindari pemakaian karet gelang untuk mengikat rambut Anda. Hal ini bisa membuat kulit kepala dan rambut tertarik ke belakang, akhirnya bisa menyebabkan kerontokan pada rambut semakin parah.
    .
  5. Rawatlah Rambut Dengan Bahan Alami
    Sesekali, lepaslah jilbab Anda untuk memberi ruang pada rambut untuk bernafas. Selain itu, rawatlah rambut dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperi minyak kemiri, minyak zaitun, atau minyak kelapa sebagai cara merawat rambut sehat secara alami.  

Itulah beberapa tips perawatan rambut rontok bagi wanita berhijab. Semoga bisa Anda praktekan dan bermanfaat untuk Anda.

Jangan Berhijab Karena Rambut Rontok

Baca juga : Kenapa Anda Harus Potong Rambut?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *