Faktor – Faktor Yang Menyebabkan Rambut Botak

Bagi Pria dan Wanita, pasti menginginkan rambut yang sehat, kuat, dan indah. Tak jarang seseorang rela mengeluarkan banyak biaya untuk memperindah rambut yang dimilikinya. Mulai dari pengecatan, pencatokan, pelurusan, sampai pengkeritingan rambut.

Namun tidak semua orang bisa melakukan perawatan rambut tersebut, khususnya bagi mereka yang mengalami kebotakan karena kerontokan. Sebenarnya rambut rontok   adalah hal yang wajar, karena usia rambut juga memiliki fase istirahat. Tapi jika kerontokan tersebut lebih dari 100 helai per hari dan makin lama makin parah sampai terjadi kebotakan, maka Anda harus waspada dan harus mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rambut botak.

Rambut botak merupakan masalah terbesar bagi sebagian orang dan memiliki dampak psikologis yang bisa mempengaruhi percaya diri seseorang. Orang akan minder jika rambutnya botak, dan kebotakan  selalu menghantui seseorang dimanapun mereka berada.

Berikut ini merupakan faktor-faktor yang menyebabkan rambut botak, diantaranya adalah :

  1.  Stres yang Berlebihan
    Stres sering menyebabkan seseorang megalami kebotakan, tanpa Anda sadari, stres akan berpengaruh pada penipisan rambut. Penipisan rambut diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Mulailah untuk berpikir sederhana, melakukan piknik atau refreshing dan jalani semua pekerjaan Anda dengan ikhlas.
    .
  2. Kekurangan Vitamin
    Penyebab kebotakan rambut terjadi karena rambut kekurangan vitamin dan nutrisi. Rambut juga memerlukan asupan nutrisi agar rambut bisa tumbuh dengan sehat. Vitamin yang diperlukan oleh rambut adalah Vitamin A, B, C, dan Vitamin E. Kekurangan protein dan mineral juga bisa menyebabkan kebotakan.
    .
  3. Aliran Darah yang Tidak Lancar
    Biasanya jika Anda mengalami aliran darah yang tidak lancar, Anda akan mengalami penipisan rambut yang bisa menjadikan rambut rontok dan botak. Biasanya aliran darah yang tidak lancar disebabkan oleh gizi yang buruk.
    .
  4. Pengaruh Faktor Genetik
    Faktor Genetik menjadi faktor paling besar penyebab kebotakan. Biasanya jika Orang Tua pernah mengalami kebotakan, maka kebotkan tersebut akan menular ke anaknya, karena genetik dari orang tua dan anak selalu sama.

Setiap kebotakan terjadi karena faktor yang berbeda, tergantung dari penyebab maupun gaya hidup seseorang yang bersangkutan. Jadi ketahuilah faktor-faktor ini untuk mencegah rambut Anda dari kerontokan maupun kebotakan. Jangan pula meremehkan kerontokan kecil yang terjadi di rambut Anda, karena jika itu dibiarkan, akan menyebabkan kebotakan yang cukup besar.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *