Stres Berat Bisa Menyebabkan Rambut Ketombe

Mengalami stress berkepanjangan menyebabkan ketombe di kulit kepala. Tingkat stres yang tinggi dapat membahayakan kondisi tubuh, termasuk kulit kepala Anda. Kondisi tubuh yang tidak stabil karena pengaruh stress, akan menimbulkan reaksi pada hormon Androgen yang menghasilkan kelenjar minyak berlebih hingga kulit kepala mudah lepas.

Ketombe adalah sel-sel kulit mati yang tumpah dari kulit kepala secara berlebih. Penumpahan sel-sel mati adalah normal asalkan tidak berlebih dan menjadi terlihat. Karena, ini adalah bagian dari proses normal pembaharuan sel. Pada kurun waktu 3 minggu atau 28 hari seseorang mengalami proses pergantian kulit di kepala. Proses Terjadinya ketombe berasal dari melepasnya sel-sel kulit mati berwujud serpihan putih berminyak yang mengotori rambut dan bahu, sehingga menyebabkan rasa gatal di kepala.

Sejalan dengan pertumbuhan kulit, sel-sel terluar di kulit kepala akan terdorong keluar, dimana pada akhirnya akan mati dan terkelupas dari kepala, sel-sel kulit mati akan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terkelupas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Ketombe akan semakin parah jika kita salah dalam mengkonsumsi makanan, seperti mentega dan makanan yang digoreng. Ketombe bukanlah penyakit yang membahayakan jiwa seseorang, namun dengan adanya ketombe dapat mempengaruhi penampilan dan percaya diri seseorang. Penyebab ketombe yang lain adalah si penderita kerombe terlalu jarang keramas, penggunaan kosmetik rambut yang berlebihan, dan bisa juga dengan sisa produk rambut yang menumpuk dapat mengakibatkan ketombe.

Mulai saat ini cobalah untuk belajar mengatur stress agar tidak berketombe. Keramaslah secara teratur 2-3 kali dalam seminggu. Jika rambut cenderung berminyak, keramas dapat dilakukan setiap hari dan lebih aman jika menggunakan shampo yang tidak terlalu keras dan tidak mengandung detergen. Jangan rusak rambut dan kulit kepala dengan perawatan rambut yang berlebihan. Konsumsilah makanan yang memiliki banyak serat dan vitamin agar bisa menutrisi kulit kepala Anda biar lebih sehat.

Refresh-kan Pikiran Anda Agar Tidak Stres, Sehingga Ketombe Tidak Muncul di Kepala Anda.

Baca juga : Gunakan Lidah Buaya untuk Membasmi Ketombe

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *