Apa Jenis Rambutmu? dan Bagaimana Cara Perawatannya?

Rambut adalah harta terindah yang diberikan Tuhan untuk kita. Rambut akan penunjang penampilan diri kita dan menjadi penyempurna anggota tubuh yang lain. Rambut memiliki banyak jenis dan variasi yang bermacam-macam, jenis-jenis rambut tersebut biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan, faktor iklim, faktor makanan, dan faktor perawatan rambut itu sendiri. Cara Merawat rambut yang benar adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua orang agar rambutnya senantiasa tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai gangguan.

Baca juga : 3 Fase Perawatan Rambut Sehari-hari

Berikut ini merupakan jenis-jenis rambut dan cara merawatnya :

  1. Rambut Normal
    Rambut jenis ini tidak begitu sulit untuk merawatnya. Karena kondisi rambut sudah terbilang sehat, produksi minyak normal, keadaan rambutpun normal sehingga kondisi rambut terlihat terurai indah. Namun walau begitu sebaiknya penggunaan cat rambut dikurangi. Cara perawatan rambut normal sangat mudah, cukup menggunakan shampoo 2-3 hari sekali dalam seminggu dan memakai conditioner sewajarnya.
    .
  2. Rambut Berminyak
    Rambut berminyak identik dengan produksi minyak berlebih pada setiap helai rambut dan rambut berminyak adalah salah satu penyebab timbulnya ketombe. Rambut jenis ini selalu terlihat lepek, basah, dan kotor. Sehingga membuat muka anda terlihat lusuh dan kusam.Cara Perawatannya :
    a. Keramas setiap hari agar rambut terlihat selalu bersih dari debu-debu yang menempel
    b. Saat keramas diamkan sejenak sekitar 2 -5 menit sebelum dibilas
    c. Salah memilih jenis shampoo
    d. Menggunakan toner atau penyegar rambut
    e. Jika memakai conditioner, jangan dioleskan dari dasar rambut melainkan oleskan dari pertengahan rambut
    f. Perbanyak konsumsi sayuran dan kurangi konsumsi makanan yang berminyak
    g. Jangan terlalu banyak menyisir rambut, karena hal ini hanya menyebarkan kelebihan minyak pada rambut.
    .
  3. Rambut Kering
    Rambut jenis ini terlihat begitu kering, tidak sehat, kusam. Disebabkan karena produksi minyak dibawah rata-rata. Penyebabnya beraneka macam, terlalu sering ke salon, atau menggunakan cat rambut berskala, pengeritingan, pelurusan, dan terkena sinar matahari berlebih. Faktor lain, produksi gizi yang buruk, cuaca yang panas, anorexia, dan lain-lain.Cara Perawatannya :
    a. Jangan keramas terlalu sering, cukup 3-5 hari saja
    b. Pilih shampoo yang ringan dan gunakan conditioner yang sesuai jenis rambut anda
    c. Sediakan 2sdm minyak zaitun dan madu, dapat dicampurkan dengan almond. Oleskan pada rambut, dan bungkus selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan Rutinitas ini 1×3 minggu
    d. Jangan lakukan pengecatan rambut berkala
    e. Hindari penggunaan hairdryer.
    .
  4. Rambut Kombinasi
    Rambut kombinasi adalah jenis rambut antara kering dan berminyak. Memiliki ciri-ciri rambut dari daerah kulit kepala terlihat berminyak, tetapi pada tengah rambut hingga ujung terlihat kering.Cara Perawatannya :
    a. Jangan menggunakan berbagai shampoo untuk merawatnya
    b. Gunakan shampoo khusus untuk rambut normal. Jangan bilas rambut dengan air panas, gunakanlah air hangat
    c.Pakai conditioner dari tengah helai rambut hingga ujung rambut dan bilas hingga benar-benar bersih
    d.Pada keadaan rambut kering, gunakan Minyak zaitun sebagai pengganti conditioner dan oleskan pada bagian rambut kering. Bungkus beberapa jam sebelum dibilas
    e. Lakukan pemotongan rambut 1x2bulan untuk memotong ujung rambut yang kering.
    .
  5. Rambut Rusak dan Mudah Patah
    Jenis rambut ini termasuk rambut rusak. Jenis rambut yang cenderung rusak akan mengakibatkan rambut patah, mau patah pada helai rambut ataupun pada dasar rambut. Rambut rusak dan patah, identik dengan rambut kusam, kering, patah, bahkan ujung rambut tampak bercabang. Penyebab rambut rusak, hampir mirip dengan rambut kering. Terlalu sering diolesi bahan kimia, pewarnaan rambut, pelurusan dan pengeritingan membuat rambut menjadi rusak.Cara Perawatan :
    a. Menggunakan shampoo 1×3 hari
    b. Gunakan shampoo khusus rambut rusak
    c. Gunakan conditioner
    d. Berikan vitamin rambut agar rambut ternutrisi kembali
    e. Dan lakukan pemotongan rutin 1×2 bulan agar ujung rambut yang rusak terbuang.

Itulah tips perawatan rambut yang bisa Anda coba untuk berbagai jenis rambut yang Ada. Praktekan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsistensi adalah segalanya, jangan terburu-buru melihat hasilnya. Dan mulai saat ini, jadikan rambut Anda sehat dari sebelum-sebelumnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *