3 Fase Perawatan Rambut Sehari-hari

Semua orang pasti menginginkan rambutnya tumbuh sehat, indah dan berkilau. Tapi tidak semua orang mengetahui cara perawatan rambut yang baik, sehingga masih banyak yang mengalami permasalahan rambut karena perawatan yang kurang teratur.

Rambut yang sehat, tidak lepas dari perawatan rambut sehar-hari. “Apakah setiap hari saya harus keramas agar rambut saya tetap bersih dan sehat?” Tidak juga, yang dimaksud dalam cara perawatan rambut adalah mengetahui bagaimana saatnya seseorang tersebut memperlakukan rambutnya secara berkala.

Ada 3 fase dalam merawat rambut sehari-hari, dimulai pada saat sebelum pencucian, saat pencucian, dan setelah pencucian. Oleh karena itu, perawatan rambut secara rutin benar-benar sangat dianjurkan.

Fase 1 – Sebelum pencucian Rambut
Langkah ini dilakukan bagi mereka yang mempunyai rambut bermasalah. Untuk rambut lurus tapi kering dan kusam, sebelum keramas, bubuhkan krim yang mengandung vitamin A, D, E, dan F, yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Hal ini berguna untuk memberi makanan pada rambut sampai ke serat-serat rambut, melembabkan, dan memberi keseimbangan pada rambut.

Untuk rambut berketombe, sebaiknya sikat rambut dengan hati-hati agar sisik ketombe terlepas. Penyikatan ini juga bertujuan untuk merangsang peredaran darah pada kulit kepala. Bila sisik terlalu tebal, bisa gunakan minyak bayi untuk melepaskannya.

Fase 2 – Saat Pencucian Rambut
Langkah awal dalam perawatan rambut dimulai dari pemilhan shampo. Shampo merupakan salah satu produk penting dalam pencucian rambut, agar menjadi bersih, sehat, dan indah. Oleh karena itu, mengenal dan mengetahui shampo yang cocok untuk jenis rambut adalah langkah utama yang perlu dilakukan dalam perawatan rambut ini.

Memilih shampo yang tepat memang tidak mudah. Cara sederhana untuk mengetahui jenis shampo yang cocok adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis rambut Anda. Setelah itu, sesuaikan kondisi rambut Anda dengan kandungan yang terdapat di dalam shampo.

Rambut yang dicuci dengan shampo akan mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Selain mempunyai fungsi dasar untuk mencuci dan membersihkan rambut serta kulit kepala dari kotoran, shampo juga berfungsi untuk merawat rambut, memperindah rambut, mengatasi kelainan kulit kepala, dan membuat rambut menjadi harum.

Pilihlah shampo yang berkualitas. Produk perawatan yang berkualitas baik, biasanya mempunyai kelebihan, seperti pH yang netral, tanpa zat pewarna, tidak banyak mengandung zat pewangi, terbuat dari tumbuh-tumbuhan, mengandung pelembab, serta lulus uji dermatologis.

Fase 3 – Setelah Pencucian
Biarkanlah rambut mengering dengan sendirinya, jangan menggunakan hair dryer, pemanas rambut, atau menggosok-gosokkan rambut dengan handuk, karena hal itu akan membuat rambut mudah rontok.
Langkah terakhir terakhir, gunakan tonik yang berguna untuk menguatkan akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan merawat kulit kepala agar tetap sehat.

Cucilah rambut setidaknya seminggu 3 kali untuk menjaga kebersihan dan kesuburan rambut Anda. Jika rambut Anda sedang bermasalah dan kondisinya sangat parah, segera konsultasikan kepada pakar rambut atau pergi ke dokter rambut yang mengetahui riwayat kesehatan rambut Anda.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *