Menghindarkan Diri Dari Masalah Rambut

Sama seperti kulit dan kuku, rambut juga membutuhkan perawatan rambut yang teratur agar tetap sehat dan indah berkilau. Di balik sehatnya rambut, terdapat jiwa raga yang sehat dari seseorang. Untuk itu, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatannya, baik secara jasmaninya, rohaninya, maupun spiritualitasnya.

“Kesehatan rambut” selalu dipengaruhi oleh gizi seseorang. Seseorang yang kekurangan gizi, rambutnya berubah pirang. Kekurangan vitamin dan mineral, menjadikan rambut kusam. Selain itu rambut menjadi kering dan susah diatur. Rambut membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup agar tidak mudah terserah berbagai penyakit.

Selain gizi, “perawatan rambut” sama pentingnya dengan merawat kulit. Kulit kepala yang sehat, akan menumbuhkan rambut yang sehat pula. Maka selain rutin berkeramas, kulit kepala harus selalu dipijat-pijat. Pemijatan kulit kepala setiap kali berkeramas, melancarkan aliran darah kulit kepala. Itu yang membantu menyehatkan rambut.

Rambut menjadi tidak sehat setiap ada gangguan pada kulit kepala, ini karena aliran darah kulit kepala kurang lancar, dan rambut kita rentan diserang berbagai kerusakan rambut seperti rambut rontok, rambut bercabang, rambut botak, maupun permasalahan rambut yang lain.

Penyakit kulit kepala bisa karena kutu kepala. Kulit kepala yang bermasalah akan merusak rambut secara langsung dan melemahkan sel-sel kulit kepala. Jangan pula terlalu sering menggaruk-garuk kepala, menggaruk kepala yang berlebihan akan menimbulkan luka dan infeksi pada kulit.

Selain itu, pada kulit kepala bisa juga tumbuh jamur, ketombe, atau penyakit kulit lainnya. Apa pun jenis penyakit kulit kepalanya, tampilan rambut menjadi kelihatan tidak sehat. Hanya dengan meniadakan gangguan kulit kepalanya, rambut bisa sehat kembali. Dan kesehatan rambut ditentukan oleh seberapa sehat rambut dirawat sejak dini.

Rambut yang dirawat secara rutin akan tumbuh dengan sehat, kuat, tidak mudah patah, dan terhindar dari berbagai penyakit rambut.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *