Inilah Faktor-faktor Yang Menyebabkan Rambut Rusak

Rambut tidak bisa lepas dari sebuah masalah. Masalah kerusakan rambut akan mempengaruhi percaya diri seseorang dan mengurangi penampilan. Sangat tidak nyaman sekali jika rambut yang kita miliki mengalami kerusakan, kerusakan rambut yang sering dialami oleh sebagian orang adalah rambut rontok, rambut kering, rambut botak, dan rambut uban di usia muda.

Saat ini juga banyak produk-produk perawatan rambut yang menawarkan berbagai khasiat dan manfaat untuk mengobati rambut yang rusak, tapi sebelum Anda memilih produk tersebut, sebaiknya Anda mengetahui dulu faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan rambut.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat merusak rambut secara langsung, yaitu :

  1. Radiasi Sinar Ultarviolet (UV) : Sinar Ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari “menyerap” kelembapan alami rambut dan kulit kepala yang membuat rambut menjadi kering, warnanya memudar, serta iritasi kulit kepala karena terbakar. Karena itu lindungi rambut dengan menggunakan produk styling rambut yang mengandung UV Filter, Parsol MCX. Jika terjadi iritasi pada kulit kepala akibat paparan sinar matahari, atasi dengan memulaskan lidah buaya secara seksama.

  2. Pengaruh Polusi Udara : Polusi Udara dari asap kendaraan dan rokok bisa membuat rambut tampak kusam dan kering. Bahkan juga bisa membuat warna rambut memudar. Agar kondisi rambut tetap bersih dan prima, cucilah rambut secara teratur, lakukan perawatan intensif secara berkala dan selalu memakai sisir atau sikat yang bersih.

  3. Karena Perubahan Iklim : Perubahan iklim yang ekstrem juga bisa memicu berbagai masalah rambut. Cuaca yang panas, kering dan berangin misalnya, membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Sedangkan cuaca yang dingin, membuat rambut menjadi kering kasar, dan ringan.

  4.  Stres yang Berlebihan : Stres juga memiliki efek negatif pada rambut. Biasanya rambut dan kulit kepala menjadi kering. Yang terparah, stres bisa memicu terjadinya kerontokan rambut permanen. Untuk itu, konsumsilah vitamin B yang sangat baik untuk rambut. Lakukan juga olah tubuh seperti yoga yang baik untuk kebugaran tubuh, pikiran, dan jiwa, beberapa posisi latihan agar bisa membantu melancarkan peredaran darah ke kulit kepala.

  5. Penataan dengan Suhu Panas : Peralatan penataan rambut yang bersuhu panas turut berperan pada kondisi rambut. Karena itualh, kurangi penataan yang mengharuskan Anda memakai alat-alat jenis tersebut. Usahakan untuk selalu membiarkan rambut mengering secara alami setiap habis keramas.

  6. Pemakaian Kosmetik Rambut yang Tidak Sesuai Dosis : Gunakanlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi maupun kebutuhan rambut Anda. Hindari pemakaian kosmetik rambut yang berlebihan, karena bisa mengambil kelembapan alami rambut dan membuat rambut menjadi kering, kusam, memudar warnanya, serta kasar. Jika perlu, lakukan analisis rambut di salin atau klinik perawatan rambut terkemuka.

Dari sini, Anda bisa mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat merusak rambut tersebut. Diharapkan dengan artikel ini, Anda bisa lebih peduli dengan rambut Anda dan menghindarkan rambut Anda dari pengaruh di atas, sehingga rambut bisa tetap sehat, kuat, indah dan berkilau.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *