Tips Mencukur Kumis yang Baik Agar Tidak Terjadi Iritasi

.
Kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap Pria adalah mencukur kumis. Mencukur kumis merupakan salah satu bentuk perawatan wajah Pria agar terlihat lebih segar, muda, dan rapi. Meskipun ada beberapa Pria yang menyukai kumis di wajahnya, tapi banyak juga pria yang ingin mencukur kumisnya untuk alasan tertentu. Cara mencukur kumis yang baik dan benar harus diketahui oleh setiap Pria agar saat mencukur kumis tidak terjadi infeksi dan luka pada kulitnya.

Di sisi lain, banyak Pria yang belum mengetahui cara mencukur kumis tipis yang aman. Mereka sering kali merasa perih dan kesakitan setelah mencukur bulu-bulu kumis tersebut. Tak jarang, ada yang mengalami luka hingga mengeluarkan darah karena pola mencukur kumis yang kurang tepat, sehingga akan menimbulkan bulu-bulu kumis yang kasar, tajam, dan kulit berwarna hitam. Jika Anda pernah mengalami hal-hal tersebut, maka Anda harus memahami tips mencukur kumis tanpa iritasi berikut ini, diantaranya adalah :

  1. Jangan Menekan Pisau Cukur Terlalu Dalam
    Biasanya kebanyakan Pria akan memaksakan pisau cukur yang digunakannya untuk memangkas bulu-bulu kumis sampai ke akarnya. Namun cara tersebut hanya akan menyebabkan luka dan iritasi. Jadi Anda hanya perlu memotong bulu-bulu kumis sampai terlihat pendek saja, jangan memaksa untuk memotong sampai ke akarnya.
  1. Gunakan Pisau Cukur yang Bersih dan Tidak Karatan
    Alat ini akan menentukan keberhasilan Anda dalam mencukur bulu kumis. Sebaiknya Anda menggunakan pisau cukur yang tajam, bersih, dan tidak berkarat, karena hal ini akan berfungsi untuk menyempurnakan potongan bulu kumis dan menghindarkan Anda dari kuman berbahaya akibat pisau cukur yang tidak pernah diganti.  Ganti pisau cukur Anda setidaknya sebulan sekali.
  1. Jangan Terlalu Sering Mencukur Kumis
    Iya benar, terlalu sering mencukur kumis akan menimbulkan pertumbuhan bulu kumis yang semakin lebat. Selain itu, mencukur kumis secara berlebihan juga akan menyebabkan kulit menipis dan  berwarna hitam. Sebaiknya sesuaikan jadwal Anda dalam mencukur kumis atau cukur kumis setidaknya 3-4 minggu sekali.

Itulah panduan mencukur kumis yang baik dan rapi sebagai tambahan informasi untuk Anda. Semoga  Anda bisa mempraktekannya dengan baik.

Baca juga : Kenapa Anda Harus Potong Rambut?

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *