Mengetahui Penyebab dan Jenis-jenis Ketombe

Seseorang yang mengalami gangguan ketombe, pasti mengalami rasa gatal di kepala yang luar biasa. Gangguan ketombe bisa dialami oleh siapa saja, tidak mengenal status sosial dan intelektual penderitanya. Baik pria dan wanita, tua maupun muda, rentan diserang ketombe. Untuk itu, menjaga kulit kepala agar tetap bersih dan sehat, adalah perbuatan yang harus dilakukan oleh semua orang.

Pada umumnya, ketombe berwujud pecahan sel-sel kulit kepala yang timbul akibat proses keratinisasi yang belum sempurna. Ukuran ketombe biasanya sebesar 2-3mm, berwarna kuning, bersisik dan menyebar ke seluruh bagian kepala. Banyak juga yang menyebut ketombe dengan sebutan dandruff, sindap, atau busik.

Dari sini terdapat dua jenis ketombe yang perlu diketahui. Pertama, Ketombe Kering (Pityriasis Sicca) – Gangguan berupa sisik-sisik ketombe yang melekat erat di kepala. Pertumbuhan rambut yang menembus lapisan sisik menimbulkan rasa gatal. Penggarukan menyebabkan lapisan sisi berhamburan.

Jenis ketombe yang kedua adalah ketombe basah (Pityriasis Steotoides) – Gangguan berupa lapisan sisik berwarna putih kekuning-kuningan yang menempel kuat dan menyerap kulit kepala. Bila dikupas, timbul bekas merah disertai rasa gatal. Penggarukan akan menimbulkan luka radang berwarna kekuning-kuningan.

Sebagian orang menganggap bahwa rambut berketombe disebabkan karena seseorang jarang mencuci rambutnya dengan bersih, sehingga kotoran mudah menempel dan mengendap di kepala. Rambutpun menjadi kotor dan timbullah gangguan ketombe.

Sebenarnya ada dua faktor utama yang memicu munculnya gangguan ketombe. Pertama karena pengaruh Bakteri Malassez, Bakteri ini bergerombol pada bagian di sisik-sisik ketombe, sehingga menyebabkan terjadinya proses keratinisasi sel kulit yang tidak sempurna.

Sedangkan penyebab yang kedua adalah karena Iritasi Mekanis dan Kimiawi : Penyisiran dan penggarukan kulit kepala berlebihan, penggunaan minyak rambut yang tidak tepat, termasuk pembilasan shampo yang kurang bersih, dapat menimbulkan iritasi kulit kepala dan gangguan ketombe. Kebiasaan mencuci rambut dan mengikat rambut sebelum kering, juga menyebabkan gangguan ketombe.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami ketombe, bersegeralah untuk menangani gangguan ketombe dengan cara yang benar. Cucilah rambut Anda dengan shampo anti ketombe yang mengandung Zinc Pyrithione, Coal Tar, Selenium Sulfida. Setelah itu keringkan rambut dengan handuk, namun jangan mengosoknya terlalu keras. Olesi rambut yang kering dengan astringent lotion yang berkhasiat membunuh bakteri. Kemudian sisir rambut dengan lapisan yang halus.

Selain itu makanlah makanan yang penuh nutrisi dan vitamin, agar kandungan nutrisi tersebut bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh termasuk kepala, dan akan membuat rambut lebih sehat dan terhindar dari ketombe.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *