Ketahuilah 6 Penyebab Rambut Rontok di Usia Muda

Salah satu masalah rambut yang tidak bisa diabaikan adalah rambut rontok. Masalah rambut rontok memang menjadi masalah yang cukup serius bagi sebagian orang, terutama anak muda. Rambut rontok di usia muda tidak bisa dianggap sepele, karena ini menyangkut penampilan dan percaya diri seseorang.

Penyebab Rambut rontok di usia muda harus segera diketahui sejak dini, agar Anda bisa melakukan langkah pencegahan sebelum rambut rontok menyebar ke rambut-rambut yang lain. Berikut ini merupakan enam penyebab rambut rontok di usia muda, diantaranya adalah :

  1. Hormon dan Gen
    Ketidakseimbangan hormone androgen dapat menyebabkan rambut rontok di usia muda. Selain itu, gejala rambut rontok juga bisa disebabkan karena faktor keturunan atau gen. Jadi jika orang tua pernah mengalami kerontokan rambut, maka kemungkinan besar keturunannya juga mengalami hal yang serupa.
  1. Faktor Stres
    Stres yang diakibatkan oleh permasalahan hidup dapat menyebabkan rambut rontok di usia muda. Otak di kepala melakukan pekerjaan yang cukup berat, karena gangguan kejiwaan yang Anda alami, sehingga hal tersebut mengganggu hormone pada kesehatan rambut Anda, dan menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya kontrol emosi dan pikiran Anda agar tidak mudah mengalami stress.
  1. Diabetes
    Rambut rontok juga bisa disebabkan karena penyakit diabetes. Kadar gula dalam darah yang tidak stabil dapat menyebabkan rambut menipis dan jika dibiarkan akan menyebabkan rambut rontok bahkan kebotakan. Untuk itu, kontrol tekanan darah Anda secara rutin agar tidak terjadi kerontokan pada rambut Anda.
  1. Konsumsi obat-obatan
    Reaksi obat-obatan yang terlalu kuat, dapat melemahkan kekuatan rambut sehingga rambut lebih mudah rontok. Rambut rontok dapat terjadi karena obat resep alergi atau kerusakan pada protein yang disebut keratin rambut.
  1. Pemakaian Alat Styling dan Kosmetik Rambut
    Rambut yang terkena hawa panas dari hair dryer atau catok, dapat melemahkan akar rambut dan membuat rambut kering. Rambut yang mengering akan mudah patah dan rontok. Selain itu, pemakaian kosmetik rambut berbahan kimia yang berlebihan dapat merusak rambut secara signifikan. Gel rambut, spray dan pewarna rambut juga dapat mengakibatkan rambut rontok.
  1. Alopecia Areata
    Penyebab utama kebotakan pada remaja adalah alopecia areata. Alopecia areata merupakan gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Kondisi ini dapat terjadi pada pria dan wanita. Alopecia areata sering menyebabkan kebotakan pada kulit kepala, alis, atau kaki.

Baca juga : Bahan Alami Ini Bisa Mengobati Rambut Rontok yang Sudah Parah

Itulah penyebab kerontokan di usia muda yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *