Inilah Ciri-ciri Rambut Sehat yang Perlu Anda Ketahui

.
Rambut sehat
adalah rambut yang terhindar dari berbagai masalah atau penyakit. Rambut sehat akan menampakkan kilau yang bersinar, tekstur yang lembut, mudah diatur, dan serta tumbuh panjang dengan sempurna. Rambut yang sehat selalu dipengaruhi oleh perawatan rambut sehari-hari, oleh karena itu sangat penting merawat rambut secara rutin agar kesehatan tetap terjaga.

Mengetahui ciri-ciri rambut sehat merupakan hal yang harus Anda pahami agar Anda bisa membedakan mana rambut yang sehat dan mana rambut yang bermasalah. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ciri-ciri rambut sehat, sebaiknya Anda simak penjelasan berikut ini:

  1. Kondisi Kulit Kepala Sehat
    Kulit kepala yang sehat adalah kulit kepala yang bebas debu, kotoran, kuman, ketombe maupun virus yang bersarang di kulit kepala. Kondisi kulit kepala akan menentukan kekuatan akar rambut dan pertumbuhan rambut itu sendiri. Setiap pori yang mengandung tiga batang rambut menjadi tanda bahwa rambut itu sehat dan terawat.
  1. Tekstur Rambut yang Lembut.
    Tekstur rambut yang halus dan lembut menjadi tanda bahwa rambut itu sehat. Halusnya dan lembutnya rambut akan membuat rambut lebih mudah diatur daripada rambut yang kering, bercabang, dan mudah patah. Untuk itu, sangat penting merawat rambut agar rambut tetap halus, lembut, dan sehat.
  1. Rambut yang Berkilau Serta Bercahaya.
    Rambut yang berkilau dan bisa memantulkan cahaya merupakan indikasi bahwa rambut tersebut sehat. Rambut yang tidak sehat berada pada kondisi kutikula yang tidak normal yang membuat rambut mengembang dan tidak bisa memancarkan kilau alami rambut. Penyebab rambut tidak berkilau adalah salahnya penggunaan kosmetik rambut berbahan kimia yang justru malah berbahaya.
  1. Elastis Rambut Tetap Terjaga.
    Elastisitas rambut ditandai dengan rambut yang tidak mudah patah ketika disisir. Rambut lebih bebas bergerak dan lebih mudah ditata kembali. Untuk meningkatkan elastisitas rambut, gunakanlah serum vitamin rambut yang berkhasiat melembutkan rambut secara alami.

  2. Siklus Rambut yang Normal
    Siklus rambut terbagi atas 3 fase, fase pertama disebut fase pertumbuhan rambut atau anagen, fase ini berlangsung 3-5 tahun. Kedua fase istirahat atau fase katagen, fase ini berlangsung selama 3-4 minggu, dimana pertumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat dan akhirnya berhenti. Ketiga fase telogen, berlangsung 3-4 bulan. Pada fase ini rambut telah tumbuh dan terus memanjang hingga akhirnya rontok. Setelah melewati fase ketiga, rambut mulai tumbuh kembali ke fase pertumbuhan dari tahap pertama.

Baca juga :  3 Masa Pertumbuhan Rambut

Demikian artikel tentang tanda-tanda rambut sehat ini. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *