6 Jenis Karakter Rambut dan Cara Merawatnya


.
Rambut merupakan bagian tubuh manusia yang memiliki daya tarik paling tinggi. Rambut kita memiliki berbagai #jenis dan karakter rambut yang berbeda, begitu pula dengan cara merawat rambutnya. Berikut ini merupakan enam jenis karakter rambut dan cara merawatnya yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

  1. Jenis Rambut Lurus
    Batang rambut jenis ini sangatlah lurus, Karena itu, jika rambut dalam kondisi sehat, sisik pada kutikula rambut akan tersusun rapi dan mendatar, membuat rambut tampak halus dan berkilau. Cara merawat rambut lurus adalah dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan rambut Anda, Gunakan pula hair serum secukupnya untuk mempertahankan kutikula rambut dan menjadikan rambut agar tidak bercabang.

Baca juga : Inilah Cara Alami Meluruskan Rambut

  1. Jenis Rambut Ikal
    Karakteristik pada rambut ini adalah susunan sisik pada kutikul rambut tidak tersusun rapi. Untuk merawat rambut ikal agar terlihat prima, maka gunakan shampo dan kondisioner yang kaya mengandung pelembab. Biasakan untuk mengeringkan rambut ikal secara alami, jangan terlalu kasar dalam menyisir rambut Anda.
  1. Jenis Rambut Keriting
    Rambut jenis ini juga disebut rambut afro. Karakter dari rambut ini adalah rambut kering, kasar, dan cenderung mudah patah. Cara merawat rambut keriting ini adalah pijat rambut dengan kondisioner sebelum keramas untuk merangsang produksi kelenjar sebaceous. Sisir rambut dengan sisir bergigi jarang agar helaian rambut tetap terjaga kelembutannya.
  1. Jenis Rambut Kasar
    Rambut seperti ini biasanya akan terlihat kasar dan kering saat setelah mencuci rambut. Untuk merawatnta gunakan kondisioner dan shampo yang kaya akan pelembab. Gunakan juga hair serum setiap kali beraktivitas di luar ruangan untuk menjaga tekstur rambut agar tidak rusak.
  1. Jenis Rambut Halus
    Rambut jenis ini biasanya terlihat tidak bervolume, lemas dan lepek setiap habis dicuci. Jangan terlalu banyak memberi kondisioner agar rambut Anda tidak kering dan merusak rambut. Gunakan shampo dan juga kondisioner yang diformulasikan untuk memberikan volume pada rambut.
  1. Jenis Rambut Pasca Mengalami Kerusakan Karena Pengaruh Produk Kimiawi.
    Kondisi rambut ini biasanya cenderung  kering, kusam, dan rapuh. Hindari pemakaian alat penataan rambut yang memakai suhu panas. Lakukan juga perawatan intensif dengan produk perawatan rambut berbahan alami untuk memulihkan kembali rambut yang sudah rusak.

Itulah beberapa tips merawat rambut dengan berbagai karakteristik yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *