3 Tips Ampuh Untuk Menyuburkan Rambut Bayi

 

Bayi yang telah melewati proses persalinan normal maupun caesar selalu menjadi kejutan untuk orang tua. Kehadiran bayi yang sehat selalu menjadi harapan semua orang tua,namun salah satu hal yang menarik dari seorang bayi adalah penampilan bayi itu sendiri, selain diharapkan lahir sehat tanpa cacat bagian rambut bayi selalu menjadi perhatian orang tua.

Pertumbuhan rambut bayi dipengaruhi oleh nutrisi, vitamin, dan kandungan ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Ada sebagian bayi yang memiliki rambut subur dan adapula yang memilki rambut kurang subur. Bagi anda yang merasa pertumbuhan rambut bayi anda kurang subur, maka anda harus mengetahui tips menyuburkan rambut bayi secara alami. Berikut ini adalah 3 tips yang ampuh untuk menyuburkan rambut bayi.

  1. Pilih shampoo yang khusus bayi

Memilih shampoo yang khusus untuk bayi bertujuan karena kulit seorang bayi sangatlah sensitif. Untuk itu ibu juga harus memilih jenis shampoo khusus yang bisa membuat rambut bayi tumbuh lebih lebat.  Beberapa merk shampoo memang dibuat khusu untuk rambut bayi, berikut beberapa ciri – ciri shampoo yang khusus untuk bayi.

  • Pilih shampoo yang tidak menyebabkan mata pedih, sehingga aman diguanakan.
  • Pilih shampoo yang tidak menghasilkan banyak busa.
  • Pilih shampoo bayi yang organik dan mengandung minyak alami seperti kemiri dan seledri.
  1. Rawat rambut bayi menggunakan bahan – bahan alami. Ada banyak bahan alami yang mudah ditemukan disekitar kita untuk merawat rambut bayi dengan mudah dan aman. Beberapa bahan alamiuntuk merawat rambut bayi diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang banyak dipakai oleh berbagai kalangan usia, termasuk digunakan untuk merawat rambut bayi. Khasiat minyak zaitun bukan hanya untuk melembabkan kulit, namun juga mampu memicu kulit supaya bisa terus melakukan pertumbuhan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah kulit kepala.  Anda bisa mencoba minyak zaitun untuk merawat rambut bayi anda caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut bayi secara merata, lalu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas secara merata.

  • Lidah buaya

 Lidah buaya merupakan salah satu jenis bahan alami yang digunakan untuk menghitamkan rambut dan menyuburkan rambut, termasuk rambut bayi. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan getah dari daun lidah buaya secara langsung pada kulit kepala bayi. Lalu tunggu beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Minyak kemiri

Kemiri mengandung minyak yang sering digunakan untuk perawatan rambut alami. Caranya, kemiri disangrai hingga keluar minyak yang berwarna kehitaman. Dengan kandungan lemak, asam lemak, dan vitamin B1 yang terdapat di dalam minyak kemiri dipercaya bisa merawat rambut bayi supaya makin sehat dan makin subur.cara menggunakan minyak kemiri cukup dengan mengoleskannya pada kepala dan rambut bayi secara merata selam 10 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  • Daun seledri

Getah seledri bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Daun seledri mengandung protein, kalsium, zat besi, lemak serta vitamin A, B, dan C yang baik untuk perawatan rambut bayi. Caranya dengan meremas-remas daun seledri yang masih segar kemudian campur dengan sedikit air. Kemudian dioleskan pada kulit kepala bayi untuk mendapatkan rambut yang hitam dan subur.

  1. Asupan bayi

Hal yang tidak boleh dilupakan agar rambut bayi lebih tebal dan lebat adalah dengan memperhatikan asupan gizi bayi. Jika si bayi masih mengkonsumsi ASI, maka bunda harus mengkonsumsi makanan – makanan bergizi seperti asupan serat, vitamin, dan zat besi untuk kesehatan rambut bayi. Makanan – makanan yang baik dikonsumsi ibu seperti ikan, susu, telur, buah – buahan, dan sayur – sayuran. Pada faktor makanan ini juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut bayi.

Itulah 3 tips ampuh untuk menyuburkan rambut bayi yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan untuk menyuburkan rambut bayi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang membaca dan mempraktekannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *